Posted in Wishful Wednesday

Wishful Wednesday [5]- Anniversary Giveaway!

wishful-wednesday.jpg

Pas banget, baru update blog, keinget kalo hari ini hari Rabu, which means it’s Wishful Wednesday. Langsung meluncur ke blognya Mba Astrid, daaan pas banget ternyata Wishful Wednesday kali ini Anniversary Giveaway Edition, “pas”yang menyenangkan ūüėÄ

Karena beberapa waktu lalu saya baru aja menyelesaikan Novel Korea pertama saya yang berkisah tentang kehidupan mantan narapidana, dan hasilnya¬†5 stars. Ceritanya heart¬†warming, menyentuh, dan menambah kepekaan. Ternyata Novel Korea ngga sepenuhnya kaya’drama Korea ūüėĬ†Hal¬†ini¬†bikin saya¬†jadi kepengen lagi baca novel-novel¬†dari Negeri Ginseng ini. Berikut adalah 2¬†novel Korea yang pengen banget saya baca¬†:

1. After D-100

after d-100

SINOPSIS

Wanita:
Aku mencintai lelaki itu dan menikahinya.
Akan tetapi, setelah hari itu, aku memutuskan untuk bercerai dengannya.

Pria:
Sampai sebelum hari itu, aku tidak mencintai istriku.
Akan tetapi, setelah hari itu, aku mulai mencintai istriku.
Wanita yang jatuh cinta dan lelaki yang tidak jatuh cinta.
Akan tetapi, setelah hari itu, perasaan keduanya berubah drastis.
D-100, apa yang terjadi kepada keduanya setelah hari itu?

(http://www.bukukita.com/Buku-Novel/Romance/114186-After-D-100-(Novel_Pilihan).html)

Baca sinospsisnya aja udah bikin saya gemes penasaran sama lanjutannya.

2. So I Married The Anti Fan

so-i-married-the-anti-fan-2013 (1)SINOPSIS

Aku tinggal dengan idola paling terkenal se-Korea. TapiÔŅĹ Aku adalah antifan-nya.
H, salah satu bintang pemicu hallyu wave akan tinggal dengan antifan-nya dalam sebuah variety show.
Mr. H: Tentu saja aku bisa menangani antifan-ku. Aku ini pria yang penuh dengan kejutan
Ms. L: Sebagai antifan-nya, aku akan membuka semua rahasia busuknya. Lihat saja nanti
Begitu berita itu keluar, para fans Mr. H segera membentuk pertahanan untuk melindungi idolanya.
Dan jika Ms. L melukai Mr. H barang sedikitpun maka mereka tidak segan-segan untuk bertindak

(http://www.bukukita.com/Buku-Novel/Romance/114173-So,-I-Married-the-Anti-fan-(Repackaged).html)

Yang paling penasaran kata “anti-fan” nya itu. Ini buku ga kena boikot kan ya di Korea heheu… Secara anti fan gitu, berasa gue banget wkwk… *langsungdidemomassa

Nah, kalo mau ikutan Wishful Wednesday Anniversary Giveaway ini  please read below yaaak :

1. Buat posting Wishful Wednesday di blog-mu ‚Äď (yep, it‚Äôs only for blogger this time, sorry guys!). Tapi nggak harus blog buku kok, yang penting blog-mu masih aktif. Jangan lupa cantumkan button Wishful Wednesday dalam postinganmu (bisa di-copy dari postingan ini). Posting diterbitkan di blog masing-masing antara hari Rabu, 31Agustus¬†2016 sampai Senin, 5 September 2016, bertepatan denganWishful Wednesday [205] di blog ini.

2. Isi postingan adalah tentang buku yang sedang menjadi wish-mu saat ini (boleh lebih dari satu buku), beserta alasan kenapa kamu ngebet banget pengen punya buku tersebut. Tampilkan juga gambar cover buku incaranmu ya!

3. Syarat buku inceran:  Buku boleh berbahasa Indonesia maupun Inggris, tapi harga  maksimalnya (setelah harga diskon dan total di luar ongkir)adalah IDR 120,000 atau USD 12. Dalam postingan tersebut, kamu wajib mencantumkan link tempat buku ini bisa dibeli online (contoh toko buku online lokal: Bukukita.com, Bukabuku.com, etc). Untuk buku berbahasa Inggris, hanya dapat mencantumkan link bookdepository.com (free ongkos kirim ke Indonesia), atau opentrolley.co.id dan periplus.com. Pastikan buku incaranmu masih tersedia stoknya, dan bukan merupakan buku yang sudah tidak diterbitkan (out of stock/out of print).

4. Setelah posting, kamu wajib memasukkan link postinganmu ke Mr.Linky yang ada di bagian bawah postingan ini. TIGA orang (yep, tiga lho!) pemenang akan dipilih menggunakan random.org berdasarkan nomor urutannya di Mr. Linky. Setiap blog hanya boleh membuat satu postingan dan memasukkan satu link ke Mr. Linky.

5. Giveaway ini diadakan antara Rabu, 31 Agustus 2016 sampai Senin, 5 September 2016. Link postingan di Mr. Linky dapat disubmit saat Wishful Wednesday [200] terbit, dan link terakhir ditunggu hingga pukul 23.59 WIB tanggal 5 September 2016. Peserta yang sudah posting tapi tidak memasukkan link-nya ke Mr. Linky hingga batas waktu yang ditentukan, dianggap GUGUR.

6. Pemenang akan diumumkan hari Rabu, 7 September 2016 pk. 10.00 WIB melalui blog ini. Pemenang diberikan waktu 2×24 jam untuk konfirmasi melalui email ke astridfelicia@hotmail.com. Bila lebih dari waktu tersebut belum ada konfirmasi, maka akan dipilih pemenang lainnya. Pemenang harus memiliki alamat kirim di Indonesia.

7. Bila buku yang menjadi wishlist sudah tidak dicetak lagi, atau tidak bisa ditemukan di website yang sudah dicantumkan, maka pemenang diberi kesempatan satu kali lagi untuk memilih buku lainnya.

Yuk, ikut meramaikan anniversari Books to Share yang ke-7ūüôā Siapa tahu, kali ini kamu yang beruntung!

lengkapnya bisa dibaca disini ya >> Perpus Kecil

Posted in Fiksi, Novel Korea, Novel Terjemahan

Angels of Morning Star Club (Lim Se Hyuk)

final cover angel of morning star club_603df76f9d9c06b003f79ff73f1b4622Judul : Angels of Morning Star Club
Penulis : Lim Se Hyuk
Alih Bahasa : Dimitri Dairi
Penerbit : Penerbit Haru
Halaman : 367 Lembar
Cetakan I, Maret 2015
ISBN : 978-602-7742-45-1

SINOPSIS

Namaku Lim Hwi Chan. Seorang mantan narapidana yang sekarang menjadi penjaga toko yang menyedihkan. Umurku 27 tahun dan aku suka menonton film thriller berulang-ulang sampai 30 kali. Aku juga suka melampiaskan emosi dengan mengepel lantai yang kotor gara-gara keteledoran para siswi yang makan mi instan dan kimchi sembarangan di tokoku. Memang, aku tidak bisa disebut panutan, tapi juga tidak bisa disebut sebagai pecundang hanya karena pernah dipenjara.

¬†Aku memang mantan narapidana, tapi aku muak selalu dicurigai. Aku hanya ingin melupakan semua kenangan itu. Tapi, sepertinya seluruh dunia sudah telanjur mengecapku sebagai seorang “Mantan Narapidana” dan mereka menolakku.

¬†Sampai aku menemukan perkumpulan aneh bernama “Morning Star” yang malah mencari mantan narapidana sebagai anggota. Sebenarnya, perkumpulan apa ini?

REVIEW

Awalnya ragu saat mau bawa buku ini ke kasir. Karena beberapa review yang saya baca menilai cerita buku ini datar dan anti-klimaks. Tapi setelah membacanya, menurut saya walaupun bukan buku dengan alur cerita yang bikin kebat-kebit, tapi buku ini sangat menyentuh hati, menambah kepekaan, dan membuka kesadaran. Disela-sela kesukaan saya baca buku detektif dan thriller, buku ini menjadi semacam oase.

Bercerita tentang beratnya kehidupan ¬†hidup Lim Hwi Chan pasca keluar dari penjara dan menyandang status mantan narapidana. Hidupnya mulai berubah sejak dia bergabung menjadi anggota Morning Star Club, sebuah klub yang beranggotakan para mantan narapidana. Salah satu nilai yang disampaikan buku ini adalah bahwa kebaikan ternyata bisa kita jumpai dimana saja, pun kejahatan. Ditempat tak terduga.¬†Kalo mau diturutin bisa-bisa isi review ini isinya kutipan dari buku ini semua ūüėÄ

Karena saya baca buku ini setelah nonton serial Signal (2016) beberapa waktu lalu. Rasanya jadi lebih nancep banget. Bukan hal yang sama sih. Tapi keduanya menceritakan akibat dari hukum yang tidak adil. Dampaknya sangat parah.

Oya, cerita dibuku ini mengingatkan saya dengan serial Korea yang berjudul Ddanddara (Entertainer) 2016, dibintangi oleh Kang Min Hyuk. Ngga sepenuhnya sama, tapi sebab kejadian tokoh utamanya menjadi narapidana hampir sama. Makanya begitu baca pikiran saya langsung ke serial ini.

Saya juga suka covernya, kurang tau juga jenisnya apa, dove bukan, glossy juga bukan. Selain itu design covernya simple dan soft,¬†plus lagi terjemahannya empat jempol, renyah dan ngga kaku. Overall ngga nyesel bawa buku ini ke kasir ūüôā 5 Stars.

Posted in Novel Terjemahan, Romance

Dash & Lily’s Book of Dares (Rachel Cohn & David Levithan)

das lily

Judul : Dash & Lily’s Book of Dares (Buku Tantangan Dash & Lily)
Penulis : Rachel Cohn & David Levithan
Alih Bahasa : Karen Priyanka
Penerbit : POP
Halaman : 305 Lembar
Cetakan I, April 2016
ISBN : 9786026208002

SINOPSIS

Aku telah meninggalkan beberapa petunjuk untukmu.

Jika kau mau tahu, balik halaman ini.

Jika tidak, tolong kembalikan buku ini ke raknya.

Liburan kali ini Lily sendirian dan tidak punya teman untuk diajak bersenang-senang. Atas saran kakaknya, Lily meninggalkan sebuah jurnal merah di rak toko buku favoritnya, menanti seseorang untuk memecahkan teka teki di dalamnya.

Liburan kali ini Dash sendirian dan terlalu masa bodoh untuk diajak bersenang-senang. Namun jurnal merah yang Dash temukan di rak toko buku favoritnya berhasil membuat pemuda itu penasaran akan tantangan-tantangan yang Lily ajukan.

Liburan kali ini Dash dan Lily saling oper jurnal merah tempat mereka bertukar tantangan, mimpi, dan rahasia masing-masing tanpa pernah bertemu. Lalu apa yang terjadi berikutnya? Akankah permainan mereka berlanjut di dunia nyata? Atau haruskah keduanya menerima kenyataan bahwa jurnal merah telah mempermainkan nasib mereka?

REVIEW

Pertama baca sinopsisnya di Gramedia,¬†buku ini langsung bikin saya penasaran. Bagi saya ide ceritanya sangat menarik.¬†Berkaitan dengan buku dong, gimana ga bikin saya tertarik. Ditambah dengan kata tantangan, terasa seperti menawarkan petualangan. Belum lagi covernya yang cool itu ūüėÄ Diantara cover yang beredar, saya paling suka yang versi Indonesia ini. A whirlwind romance, gitu sebutannya, bikin makin excited.

Sayangnya -menurut saya- ide ceritanya yang cemerlang ga diimbangi dengan penokohan yang kuat. Buku ini nyatanya ga seseru ide cerita yang ditawarkan, endingnya pun datar, ga bikin penasaran.

Menurut saya peran Dash dan Lily kurang cocok diperankan oleh remaja 16 tahun (jadi kaya’ ngomongin film). Entah kenapa rasanya begitu. Ceritanya¬†lebih kepada remaja tanggung yang mencari cinta tapi kisahnya seperti diusahakan ga¬†berasa teenlit, tapi tetep aja, mau itu dibalut dengan kata-kata nyastra entah kenapa malah jadi kesannya maksa. Kalo kisah Dash dan Lily ini isinya pure petualangan mungkin¬†bakal seru banget. I give¬†2 stars.

 

Posted in Wishful Wednesday

Wishful Wednesday [4]

 

Rasanya pas banget mengawali kembali nulis di blog buku ini di hari Rabu. Teringat Wishful Wednesday yang udah dari kapan ikutannya, tapi masih di nomer 4 aja -_-”

Udah dari kapan saya lagi pengen banget sama buku All Creatures Great and Small (James Herriot).

Segala_Makhluk_Besar___Kecil_(All_Creatures_Great_And_Small)_Penulis_James_Herriot's_Penerbit_Gramedia_Pustaka_Utama_-_PlazaBuku

Ngintip-ngintip di Gramedia ternyata belum ada juga, adanya buku-buku lanjutannya. Buku ini berkisah tentang perjalanan Dokter Hewan bernama James Herriot.

SINOPSIS

All Creatures Great and Small mengisahkan tentang James Herriot muda yang baru berpraktik sebagai dokter hewan di pedesaan Yorkshire. Kenyataan di lapangan ternyata sangat berbeda dari di kampus. Beberapa kasus yang dihadapinya sangat sulit, misalnya kasus anjing yang sakit parah, milik seorang lelaki tua di desa; beberapa kasus lain lebih ringan dan menyenangkan, misalnya kunjungan rutin untuk memeriksa kesehatan Tricki Woo, anjing Peking yang terlalu dimanjakan. Banyak pula pengalaman mengharukan saat berinteraksi dengan para petani miskin yang mesti mati-matian mencari uang agar bisa mengurus ternak mereka dengan baik.

Mulai dari mengunjungi para pasien di tempat-tempat terpencil pada musim dingin, hingga berurusan dengan para pemilik binatang yang kadang sulit diajak bekerja sama, Herriot menemukan kesenangan dan tantangan yang tak ada habisnya sebagai dokter hewan. Rasa humornya, kecintaannya pada binatang, dan minatnya pada manusia terpancar jelas dalam kisah-kisahnya di buku ini.

Yang kedua adalah buku sekuelnya The 5 Wave (Rick Yancey), The Infinite Sea. Ternyata filmnya luamayan keren. Ini udah kali ke berapa gara-gara nonton film saya malah jadi kepincut bukunya ūüėÄ Btw ini yang saya copy dari google cover english nya. Yang versi Indonesia kok kayanya ga iyes banget yak covernya, maap…

23339506

SINOPSIS

Bagaimana cara melenyapkan miliaran manusia penghuni Bumi? Lenyapkan sisi kemanusiaan mereka. Nyaris mustahil rasanya selamat dari empat Gelombang pertama. Tetapi Cassie Sullivan berhasil, dan sekarang ia hidup di dunia baru, dunia tanpa rasa percaya pada sesama. Saat Gelombang 5 menyapu segalanya, Cassie, Ben, dan Ringer dipaksa berhadapan dengan tujuan utama para Makhluk Lain: pemusnahan umat manusia. Maka mereka pun terlibat dalam pertempuran terdahsyat: antara hidup dan mati, cinta dan benci, harapan dan kenyataan.

Yang ketiga buku The Last Star, buku penutup seri The 5 wave. Alasannya tentu saja ya karena penasaran akhirnya caka mana hahah…¬†Tapi yang satu ini kayanya belum terbit di Indonesia. Mudah-mudahan soon.

16131489

SINOPSIS

They’re down here, they’re up there, they’re nowhere. They want the Earth, they want us to have it. They came to wipe us out, they came to save us.
But beneath these riddles lies one truth: Cassie has been betrayed. So has Ringer. Zombie. Nugget. And all 7.5 billion people who used to live on our planet. Betrayed first by the Others, and now by ourselves.
In these last days, Earth’s remaining survivors will need to decide what’s more important: saving themselves…or saving what makes us human.

Nah yang ingin ikutan Wishful Wednesday juga, gampang ya caranya :

‚Äď Silahkan follow blog¬†Books To Share¬†‚Äď atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
‚Äď Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertaan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
‚Äď Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silahkan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
‚Äď Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)

Posted in Fantasi, Fiksi, Novel Seri, Novel Terjemahan

The Malediction Trilogy #2 : Hidden Huntress (Danielle L. Jensen)

21851568Judul : Hidden Huntress
Penulis : Danielle L. Jensen
Alih Bahasa : Nadya Andwiani
Penerbit : Fantasious
Halaman : 647 Lembar
Cetakan I, Maret 2016
ISBN : 9786026922021 

SINOPSIS

Setelah lolos dari negeri Troll yang terkubur di bawah gunung, Cécile memutuskan tinggal bersama ibunya di kota Trianon. Jauh dari pangeran Troll tempatnya menambatkan hati. Jauh dari sang raja Trollus dan cengkeraman kuasa serta manipulasinya. Ia kini menjadi gadis penyanyi opera. Suara merdunya bergema setiap malam di gedung opera Trianon.

Tetap saja, ia tak bisa melupakan kota bawah gunung dan Tristan. Obsesi yang membuatnya mengalihkan pikiran kepada Anushka, penyihir yang menjadi penyebab kejatuhan Trollus. Didorong rasa penasaran dan cinta, diam-diam ia mencoba menyelidiki sendiri keberadaan Anushka. Ia pikir, jika ia bisa memecahkan misteri yang menyelubungi kota itu selama lima ratus tahun, ia akan bisa menyelamatkan Tristan. Dan, siapa tahu bisa membuat mereka bersama lagi.

Demi menemukan Anushka, Cécile melibatkan diri dalam berbagai sihir yang penuh bahaya. Namun, tentu saja, Anushka adalah penyihir yang tak tertandingi. Cécile bahkan tidak sekadar menjadi pihak yang memburu Anushka, tetapi juga menjadi yang diburu..

Mampukah Cécile menemukan jalan kembali kepada Tristan?

REVIEW

Serunya kurang lebih sama seperti buku pertama. Cuma yang kedua ini unsur dramanya lebih kuat. Kemungkinan terbesar karena jalan cerita mayoritas mengambil tempat di Trianon, bukan di Trollus, hingga porsi kehidupan Cecile lebih banyak dikupas, terutama kisah pencariannya terhadap Anushka.

Bagian lain yang lumayan membantu kokohnya pondasi kisah kedua ini menurut saya perjuangan Tristan dan teman-temannya selama masa pergolakan di Trollus dan misteri yang mengelilingi keluarga Cecile.

Sayangnya misteri siapa Anushka (bagi¬†saya)¬†clue nya ketangkap lebih awal. Apa kali saya harus ganti genre ya heheu… Sesekali refreshing baca genre lain, kebanyakan baca cerita detektif kok ya jadi suka nebak-nebak, ujung-ujungnya jadi ga kaget, hiks.

Berharap buku pamungkasnya nanti lebih seru lagi ūüôā

Posted in Fantasi, Fiksi, Novel Terjemahan, Romance

Daughter of Smoke and Bone #1 (Laini Taylor)

dariJudul : Daughter Smoke of Bone
Penulis : Laini Taylor
Alih Bahasa : Primadonna Angela
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Halaman : 488 Lembar
Cetakan September 2012
ISBN : 978-979-22-8781-3

SINOPSIS

Pada zaman dahulu,
seorang malaikat dan iblis jatuh cinta.
Kisah cinta mereka tidak berakhir indah.

Langit terbelah dan banyak sosok asing berwajah rupawan turun ke bumi, menyembunyikan sayap api mereka dalam ilusi agar bisa berbaur dengan manusia. Birai-birai pintu di penjuru dunia mereka tandai dengan cap tangan hitam yang melesak terbakar pada kayu atau logam.

Sementara itu, di suatu tempat di Praha, Karou, gadis 17 tahun, siswa sekolah seni di Praha, menjalani kehidupannya yang tampak normal. Tetapi ia selalu membawa-bawa buku sketsanya yang berisi gambar monster-monster aneh dan menyeramkan‚Äď‚Äďchimaera yang merupakan makhkluk terdekat yang ia punya sebagai keluarga.

Kehidupan Karou akan berubah dalam semalam. Tanpa ia sadari, peperangan antardua dunia yang kejam akan melibatkan dirinya.

REVIEW

Buku pertama dari Seri Daughter of Smoke and Bone. Walau judulnya horor tapi buku ini sebenarnya lebih ke Romance Fantasy. Mungkin kisah cinta didalamnya standar dan sering kita temui di novel fantasi lainnya, kisah cinta dua dunia terlarang antara 2 tokoh utama buku ini, Karou dan Akiva.

Hampir aja berasa nyesel gitu belinya. Soalnya saya paling males baca buku Romance menye-menye ūüėÄ Tapi ternyata sangkaan saya salah. Taylor berhasil menceritakan¬†kisah cinta Karou dan Akiva ini¬†dengan proporsional, sehingga saya¬†ngga mual-mual¬†waktu bacanya :p

Latar kisahnya di Praha. Dan cara Taylor menggambarkan Praha bikin saya jadi pengen berkunjung ke Praha. Indah dan misterius. Pas banget dengan tokoh utama kita, Karou dan Akiva.

Paling takjub waktu gimana Taylor menggambarkan kaum Chimaera dalam buku ini. Aslinya serem dan ganjil loh. Cuma saya takjub sama sisi imajinasinya. Kalau buku ini dibikin film pasti luar biasa keren kaum  chimaera ini jadinya dilayar kaca.

Kalo covernya kayanya saya lebih suka yang edisi Bahasa Indonesia ini deh ūüôā Lebih elegan, sampulnya dove dengan tulisan judul glossy. Duh perempuan banget ya eyke wkwk… Yah memang saya bukan pembaca tetap Romance sih, tapi sejujurnya semua unsur yang dibuku ini pas lah menurut saya ūüėÄ 5 Stars.

Posted in Children Fiction, Fantasi, Middle Grade, Novel Terjemahan

The Mark of The Dragonfly (Jaleigh Johnson)

The_Mark_of_the_DragonflyJudul : The Mark of The Dragonfly
Penulis : Jaleigh Johnson
Alih Bahasa : Angelic Zaizai
Penerbit : Metamind (Tiga Serangkai)
Halaman : 416 Lembar
Cetakan I, Januari 2016
ISBN : 978-602-72834-5-9

SINOPSIS

Satu-satunya impian Piper adalah keluar dari Kota Rongsokan Nomor Enam Belas. Namun, siapa sangka ia akan melakukannya dengan cara yang tak terduga, menjadi buronan kerajaan.

Ia pun tak sendiri, bersamanya ada gadis misterius yang bahkan tak tahu siapa dirinya. Gadis itu ia tolong dari sebuah karavan yang terjebak dalam hujan meteor di ladang tuaian. Siapa sebenarnya gadis ini? Mengapa ia memiliki tanda capung, tanda perlindungan raja?

Lantas rahasia apa yang disembunyikan oleh Gee, cowok misterius penjaga kereta rute 401 yang Piper dan Anna tumpangi dalam pelariannya?

REVIEW 

Membaca buku ini mengingatkan saya saat membaca The Boneshaker. Berasa ngesot lamaaa banget untuk sampai ke ujung cerita wkwk… Ritmenya ngga¬†selama The Boneshaker sih, tapi cukup menguras kesabaran. Kadung penasaran akhirnya tetap dituntasin.

Hingga sampai setengah buku lebih pun saya belum nemu “kenapa” nya. Beberapa bagian ada yang bisa diraba, tapi tetep aja digantung setengah buku lebih dengan rasa penasaran rasanya gimanaaa gitu ya hahah…

Kita punya 3 tokoh sentral disini: Piper, Anna, dan Gee. Dunia mereka berisi badai meteor, pergolakan politik 2 kerajaan, sihir terselubung, perdagangan budak, dan makhluk-makhluk sihir yang belum dijelaskan asal usulnya di buku ini.

Bahkan saya sendiri belum dapet apa sebenarnya yang melatari badai meteor di dunia mereka. Setelah kemarin nyari-nyari di Google, ternyata buku ini punya sekuelnya. Sayangnya belum ada Bahasa Indonesia-nya. Lha yang pertama aja baru terbit Januari tahun ini ūüėÄ Mudah-Mudahan buku keduanya bisa menjelaskan apa yang terjadi di buku pertama.

“Kau seharusnya tak takut pada siapa dirimu.” (page 266)