Posted in Children Fiction, English, Fiksi, Middle Grade, Novel

HOLES (Louis Sachar)

A71nobeZfZaLlhamdulillah. Yey! Done in 2 days. This is my first English Novel. *norak hehe

Awalnya rada frustasi karena bacanya sambil buka-buka google translate + nyatet vocabs. Saya ga suka baca + nyambil. Apalagi kalo baca saya suka skipping bagian-bagian yang saya anggap “gapapa kalo dilewatin”. 

Tapi karena niatnya sekalian pengen nambah vocabs bahasa Inggris wajibul kudu ga boleh skipping.  Lama-lama akhirnya menikmati. Kayanya bakal nagih nih baca novel bahasa Inggris. Menyenangkan ternyata menikmati sesuatu yang baru melalui hobi.

Sebenernya ga sengaja memulai. Buku ini salah satu buku bekas import dagangan saya. Baca-baca sinopsis belakangnya kok kayanya menarik ya. Bikin penasaran sama ending-nya. Walaupun bikin stres awalnya lama-lama keterusan bacanya.

Jadi ceritanya keluarga Yelnats memiliki sejarah panjang soal kesialan. Diyakini bahwa kesialan yang menimpa keluarganya hingga bergenerasi akibat dari kutukan nenek gipsi yang mengutuk kakek-kakek-kakek-buyut-yelnats karena melanggar janji.

Suatu hari kesialan kembali menimpa keluarga Yelnats, anak mereka Stanley dituduh mencuri sepatu hingga akhirnya dihukum disiplin ke Camp Green Lake. Semacam Camp anak-anak nakal yang kegiatannya menggali lubang setiap hari. Katanya sih menggali lubang ini untuk pembentukan karakter.

Tapi ternyata semua itu bohong. Dibalik itu semua, pemilik Camp Green Lake sebenarnya ingin menemukan suatu rahasia yang tertimbun di Camp Green Lake. Dan untuk menemukan rahasia tersebut sang pemilik tidak segan-segan menghabisi nyawa mereka. Rahasia apakah yang terpendam di kedalaman tanah tandus Camp Green Lake?

“When you spend your life living in a hole, the only way you can go is up.” (page 160)

Ga nyesel baca buku ini. Susah payahnya terbayar 😀 Cerita petualangan yang ringan tapi penuh pesan. Disampaikan dengan penyampaian yang sederhana sehingga yang baca dapat kesan dan pesan mendalam sehabis membacanya.

Ceritanya bersetting di Texas era sekarang dan era seratus tahun yang lalu. Misterinya pun dikupas satu per satu dengan timing yang pas, kecepetan ngga, terlalu lambat juga ngga, mengalir begitu saja. Yang suka novel dengan konflik yang ga terlalu rumit klop kalo baca novel yang satu ini.

“I’m not saying it’s going to be easy. Nothing in life is easy. But that’s no reason to give up. You’ll be surprised what you accomplish if you set your mind to it. After all, you only have one life, so you should try to make the most of it.” (page 57)

Advertisements

Author:

Fulltime Bookworm | Wife | Mom of Two | Lifetime Learner

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s