Posted in Fantasi, Fiksi, Novel Terjemahan

Tales From The Perilous Realm : Kisah-Kisah dari Negeri Penuh Bahaya (J.R.R. Tolkien)

imageJudul : Tales From The Perilous Realm (Kisah-Kisah dari Negeri Penuh Bahaya)
Penulis : J.R.R. Tolkien
Ilustrasi : Alan Lee
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Hal : 464 hlm
Edisi I Agustus 2015

Salah satu buku di wishlist-basket yang akhirnya kesampaian dibeli dan dibaca. Buku ini adalah kumpulan cerita klasik karangan J.R.R. Tolkien.

Terdiri dari lima kisah. Yaitu :

Roverandom
Bercerita tentang seekor anjing kecil bernama Rover, yang ditenung oleh seorang penyihir tua labil dan pemarah. Penyebabnya pun sepele. Karena kejadian tersebut Rover justru masuk ke dalam perjalanan seru dan ajaib dari Bulan hingga ke dasar laut. Bertemu dengan makhluk-makhluk kuno yang menakjubkan.

Petani Penakluk Naga
Berkisah tentang seorang Petani bernama Aegidius de Hammo, atau lebih dikenal dengan nama Giles dari Ham. Karena keberuntungan (dan karena lagi emosi juga) ia berhasil mengusir seorang raksasa tuli dan bodoh yang telah menginjak sapinya hingga gepeng dan menjadikan dombanya sebagai cemilan. Kabar itu tersebar ke seluruh kerajaan.
Nun jauh dibalik pegunungan gelap dan tak terjamah, seekor naga bangsawan kuno yang kelaparan mendengar bualan seorang raksasa bodoh dan tuli bahwa nun jauh disebuah kerajaan, ada banyak stok makanan dan cemilan yang bisa dimakan, bahkan kisah ksatria penumpas naga (menurut cerita raksasa itu) ternyata hanya mitos belaka, atau paling tidak sudah punah. Naga yang memang kelaparan itu pun berangkat kesana untuk menjemput cemilannya. Nah dari sini kemudian cerita bertemu dan dimulai.

Petualangan Tom Bombadil
Disampaikan dalam bentuk sajak. Terdiri dari beberapa sajak yang berbeda, diantaranya sajak pengelana, lelaki di bulan tidur kesiangan, lelaki di bulan turun kepagian, perry-si-winkle, kucing, pengantin bayangan, harta jarahan, oliphaunt, fastitocalon, mewlip, troll batu, putri mee, lonceng laut, dan kapal terakhir.

Pandai Besi dari Wooton Major
Bercerita tentang pandai besi bijak yang memiliki keistimewaan bisa keluar masuk ke dalam dunia peri yang penuh bahaya dan berisi makhluk-makhluk kuno dan ajaib.
Keistimewaannya ini tidak lepas dari peran seorang Murid dari Master Koki desa. Yang tidak disangka-sangka  Murid dari Master Koki tadi ternyata menyimpan misteri yang istimewa juga, yang bahkan Master Koki yang culas itu sendiri juga tidak tau.

Daun Karya Niggle
Kisah seorang pelukis bernama Niggle yang baik hati namun juga penggerutu. Dalam waktu-waktunya yang selalu dirasanya sempit Ia ingin sekali menyelesaikan Lukisan pohonnya yang dirasanya lagi tak kunjung sempurna. Hingga beberapa orang menjemputnya untuk suatu perjalanan yang tidak bisa ditunda.

REVIEW
Langsung ke favorit, dari lima kisah cuma tiga kisah yang saya suka : Roverandom, Petani Penakluk Naga, & Pandai Besi dari Wooton Major. Yang dua lagi ga ngeh : Petualangan Tom Bombadil dan Daun Karya Niggle.

Kalau sudah pernah baca buku The Hobbit atau seri Lord of The Ring (LOTR)  pasti kenal dengan beberapa makhluk dan cerita yang dimaksud dalam sajak-sajak yang terangkum dalam Petualangan Tom Bombadil ini.
Tom Bombadil sendiri adalah salah satu tokoh misterius yang muncul di buku pertama LOTR, The Fellowship of The Ring. Bahkan hingga saya baca buku ini pun masih ga jelas asal usul Tom Bombadil darimana. Mana disampeinnya pake sajak lagi hehe..

Sedangkan kisah Daun Karya Niggle sendiri diakui sebagai potret diri Tolkien. Bisa dibaca di kata pengantar. By the way, ini buku dengan kata pengantar terpanjang yang pernah saya baca. What a book!

Akhirul review buku ini saya beri bintang 5, hitung-hitung sudah berjasa nuntasin kangen sama karya Tolkien 😀

Advertisements

Author:

Fulltime Bookworm | Wife | Mom of Two | Lifetime Learner

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s