Posted in Fiksi, Misteri, Novel, Novel Terjemahan

The Thirteenth Tale : Dongeng Ketiga Belas (Diane Setterfield)

the-thirteenth-tale-337x500Saya kira akan bertemu peri atau troll dalam buku ini, ternyata tidak. Buku yang melelahkan untuk dibaca, tapi ga bikin saya berhenti membaca, kadung penasaran berat walau susah payah menyelesaikannya.

Hingga setengah buku kita masih dibawa Setterfield pelan-pelan mengupas satu per satu misteri setiap tokoh yang hadir dibuku ini.

Masing-masing tokoh memiliki posisi penting dalam perannya, ga sekedar muncul lalu pergi. Setterfield cerdas sekali meramu cerita seperti ini. Terasa mewah tapi juga creepy. Cerita kelam yang disampaikan dengan cara sopan.

Bagaimana ikatan satu tokoh dengan tokoh lainnya pun dijalin Setterfield dengan pelan, halus dan kemudian terang benderang. Judulnya memang ada kata “dongeng” nya, tapi jelas bukan sembarang dongeng. Yang satu ini beda. Bintang 5.

Salah satu yang bikin “I’m so in” dengan buku ini adalah karena dua tokoh utama nya adalah bibliophile. Bahkan salah satunya bekerja di toko buku antik milik orangtuanya. Rasanya setiap sampai ke bagian mereka menikmati karya-karya lama yang sudah ratusan tahun umurnya bikin saya iri, I wish someday I have one. ~

SINOPSIS :

“Ceritakan padaku yang sesungguhnya.”

Permintaan sederhana itu mengusik hati Vida Winter, novelis ternama yang penuh rahasia. Bukankah selama enam puluh tahun ini dia telah mengarang banyak dongeng, tapi tak pernah mengungkapkan kisahnya sendiri? Namun, menjelang ajal, masa lalu tak dapat dihindarinya lagi, berapa pun banyaknya dongeng yang telah ditenunnya.

Maka Vida Winter mengundang Margaret Lea, penulis biografi muda, yang memiliki rahasia sendiri tentang kelahirannya, yang telah dikubur dalam-dalam oleh orang-orang yang paling dia kasihi, dan menciptakan bayang-bayang kelam yang membuntuti tiap langkahnya.

Inilah kisah Vida dan keluarga Angelfield: Isabelle yang cantik dan keras kepala, si kembar Adeline dan Emmeline yang liar, rumah besar Angelfield yang tua dan nyaris ambruk, serta semua penghuninya, hidup atau mati.

Sementara Margaret tenggelam dalam dongeng Vida, rahasia kelam itu lambat laun tersingkap, dan saat kebenaran mengemuka, kedua wanita itu pun harus menghadapi hantu-hantu yang selama ini membayangi hidup mereka.

Judul     : Dongeng ketiga belas – The Thirteenth tale

Penulis  : Diane Setterfield

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Advertisements

Author:

Fulltime Bookworm | Wife | Mom of Two | Lifetime Learner

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s