Posted in Fantasi, Fiksi, Novel

BULAN (Tere-Liye)

buku-bulan-tere-liyeBuku kedua Serial BUMI. Walau judul Novelnya BULAN tapi nyatanya setting Novel ini justru lebih banyak mengambil tempat di Kota Ilios, Ibukota Klan Matahari. Sinopsisnya juga kurang mewakili isi Novel karena porsi Seli sebenarnya ga menonjol di Novel ini.

Setelah berhasil menyingkirkan Tamus, salah satu Panglima Terkuat Klan Bulan di masa lampau, perjalanan Ra, Seli, dan Ali berlanjut ke Ilios. Mereka bersama Av (Kepala Perpustakaan Sentral Klan Bulan), Miss Selena, dan Ily (Anak sulung Ilo) menuju ke Kota tersebut menggunakan portal.

Kontras dengan Kota Tishri Klan Bulan, Kota Ilios penuh dengan warna warni yang terang dan keramaian. Ditambah lagi saat mereka sampai disana, Ilios sedang melangsungkan pembukaan Festival Bunga Matahari.

Festival Bunga Matahari adalah festival tahunan yang diselenggarakan oleh Klan Matahari untuk menemukan Bunga Matahari pertama yang mekar. Siapapun yang berhasil memetiknya akan memiliki kemampuan magis untuk meminta apa saja.

Festival ini sangat berbahaya sebenarnya, diikuti oleh 9 fraksi Klan Matahari, dan menjadi 10 fraksi ketika rombongan Ra tiba di Kota tersebut. Fraksi-fraksi ini akan berlomba untuk merebut posisi pemetik Bunga Matahari yang pertama mekar.

Bisa jadi Kota Ilios memang megah dan sangat canggih. Tapi terjadi kesenjangan antara pembangunan di Ilios dengan wilayah disekitarnya. Kondisi pedalaman tidak terperhatikan. Perpolitikan Klan Matahari pun ternyata nasib nya tak lebih baik dari Klan Bulan. Pimpinan Klan Matahari, Fala-tara-tana IV, dibalik kewibawaannya tak lebih dari sekedar ambisius yang haus kekuasaan. Keikutsertaan Ra, Seli, Ali, dan Ily pun ternyata sudah menjadi rencana jahat Fala-tara-tana IV.

Buku ini memaparkan dengan indah kekayaan alam dan kearifan lokal yang ada di Klan Matahari. Seperti BUMI, novel BULAN pun seperti sedang berbicara tentang kondisi kehidupan di Bumi saat ini, khususnya kondisi kehidupan di negara kita.

Kearifan lokal serta kekayaan alam di Klan Matahari justru lebih banyak mengingatkan saya pada Indonesia, duh Negeri ku, riwayatmu kini. Dan pada akhirnya saya harus bersabar karena buku berikutnya, MATAHARI, insyaAllah tahun 2016 nanti baru diterbitkan.

5 star for this book. Lettura Fellice! ūüôā

—————————–

Judul Buku    : BULAN

Penulis            : Tere-Liye

Penerbit         : Gramedia Pustaka Utama

Halaman       : 400

ISBN               : 978-602-03-1411-2

Advertisements

Author:

Fulltime Bookworm | Wife | Mom of Two | Lifetime Learner

One thought on “BULAN (Tere-Liye)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s