Posted in Detektif, Fiksi, Misteri, Novel, Novel Terjemahan

Lockwood & Co #1 : The Screaming Staircase (Jonathan Stroud)

undakanmenjeritBuku pertama yang selesai dibaca di bulan Februari. Bagi yang suka Goosebumps jaman SD dulu kayaknya bakal suka baca buku ini. Kalo bagi saya sih akhirnya ada juga “pengisi” kekosongan hati setelah jaman Goosebumps lewat (tsah). Saya kok jadi kangen sama Goosebumps lagi ya.

Alkisah, Inggris pada suatu masa mengalami suatu wabah yang cukup merepotkan, wabah itu adalah wabah hantu, dibuku ini wabah hantu tersebut disebut sebagai Masalah, dan sudah 50 tahun Masalah ini berlangsung. Dari fenomena ini lahirlah banyak Jasa Agensi pemburu hantu di Inggris, salah satunya Agensi Independen di London yang bernama Lockwood & Co yang dipimpin oleh seorang pemuda kharismatik nan misterius, Anthony Lockwood.

Di Inggris Utara, Lucy Carlyle, seorang pemburu hantu berbakat memutuskan untuk hijrah ke London setelah pengalaman pahitnya bersama Agensi Pemburu hantu yang dipimpin oleh Jacobs. Di London ia mendaftarkan diri ke banyak Agensi hingga akhirnya ia masuk ke kantor Lockwood yang tidak meyakinkan, rumah tidak, kantor tidak. Lucy langsung diwawancarai oleh Lockwood sendiri. Ia juga bertemu dengan anggota Lockwood lainnya, George, pemuda dengan lelucon kasar dan berantakan tapi baik hati.

Lucy akhirnya diterima di Lockwood & Co dan bergabung bersama Lockwood dan George. Walaupun tengil dan nyebelin tapi ntah kenapa si George ini malah jadi salah satu tokoh yang saya sukai.

Suatu hari mereka ditelepon oleh Mrs. Hope untuk menyelesaikan Masalah Hantu Suami nya (Mr. Hope) yang ternyata masih menghantui rumah Mrs. Hope hingga detik Ia menelepon. Masalah bermula dari sini.

Ternyata Masalah rumah tersebut jauh lebih berbahaya ketimbang bayang-bayang Mr. Hope. Sebuah rahasia mengerikan dan membahayakan nyawa mereka terkuak secara tak sengaja oleh insiden yang Lucy dan Lockwood ciptakan malam itu.

Belum lagi Masalah di rumah Mrs. Hope selesai, Mr. Fairfax seorang bangsawan kaya raya meminta Agensi mereka untuk menyelidiki rumah mewah paling berhantu se-Inggris Raya, Combe Carey Hall, yang terkenal dengan Kamar Merah dan Undakan Menjerit. Konon rumah ini menyimpan sejarah kelam dan kejam dari setiap penghuninya yang pernah tinggal disana. Mr. Fairfax ingin rumah itu segera “dibersihkan” dan dia rela membayar mahal Lockwood untuk “pembersihan” Combe, dibayar dimuka!

Masalahnya adalah :

Pertama, tidak ada yang pernah keluar dari Combe Carey Hall dalam keadaan bernyawa.

Kedua, Lockwood memang sedang dalam keadaan terancam bangkrut. Asetnya akan disita dan agensinya terancam ditutup oleh Agensi Fittes, Agensi pertama dan Tertua di Inggris.

Ketiga, Agen-agen Fittes yang dikepalai oleh Quill Kipps merupakan saingan sengit dan musuh besar nya Lockwood.

Lockwood tidak punya pilihan lain selain menerima tawaran Mr. Fairfax. Berjalannya penyelidikan, Lockwood menemukan fakta mengerikan dibalik horor yang terjadi di Combe Carey Hall. Lockwood, Lucy dan George tidak menyangka bahwa Masalah Combe berhubungan dengan Masalah lainnya yang belum mereka selesaikan.

This book is so entertaining. Seru dan tegang. Bahasanya serius tapi kocak. Saya menikmati saja ceritanya mengalir. Sebenarnya ada beberapa kisah hantu yang diceritain, tapi saling berhubungan dengan kasus yang sedang ditangani.

Selain itu ceritanya kadang pindah-pindah setting tempat dan waktu. Misal Bab 1 bahas hal ini, nanti Bab 2 nya bahas hal itu, nanti Bab 3 nya kembali lagi bahas yang di Bab 1 tadi. Tapi nyambung-nyambung aja sih. Karena semua cerita saling berhubungan.

Ada glosarium-nya juga di halaman paling belakang. Jadi kalau ga ngerti istilah dunia perhantuan versi imajinasi Stroud bisa nyontek ke halaman belakang. 5 star for Stroud.

Advertisements

Author:

Fulltime Bookworm | Wife | Mom of Two | Lifetime Learner

One thought on “Lockwood & Co #1 : The Screaming Staircase (Jonathan Stroud)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s