Posted in Fantasi, Fiksi, Novel, Novel Terjemahan

A Dash of Magic #2 (Kathryn Littlewood)

dash-of-magic-53a7c374ec8cbKelanjutan dari buku pertama, Bliss Bakery. Setting lokasi A Dash of Magic lebih banyak di Paris. Seperti biasa, kalo udah setting nya Paris bawaan nya indah melulu. Selain itu jadi pengen makan kue yang enak-enak waktu baca buku ini.

Setelah Bliss Cookery Booke dicuri oleh Bibi Lily mereka yang jahat, Rose dan saudara-saudara laki-lakinya berusaha ingin merebut buku itu kembali. Apalagi dampak hilangnya buku itu bukan hanya pada keluarga mereka, tapi seluruh Calamity Falls, Kota kecil mereka yang dulu ceria kini menjadi lesu.

Ternyata Bibi Lily menggunakan Booke untuk tujuan jahat, selain untuk bikin dirinya terkenal dengan acara memasaknya yang sebenarnya norak (menurut Rose dan Thyme), Bibi Lily juga berambisi ingin menguasai dunia. Rencana nya ini secara tak sengaja ketahuan oleh Rose dan Ibunya saat mereka membeli “Bahan Sihir Lily” yang sekarang dijual bebas dipasaran. Mereka ingin menguji bahan tersebut, apa dampaknya. Hingga malam tak ada yang berani mencoba kue dengan campuran “Bahan Sihir Lily” itu, hingga secara tak sengaja, si kecil Leigh yang kelaparan memakannya, SEMUA.

Akibatnya adalah Leigh jadi tergila-tergila pada Lily. Jadi itulah dampak mengerikannya. Tak ada lagi akal sehat, Bibi Lily ingin menguasai dunia melalui “Bahan Sihir Lily”.

Karena itu Rose dan saudara-saudaranya rela berbuat apa saja untuk mendapatkan kembali buku itu. Rose akhirnya menerima tantangan untuk bertarung dengan Bibi Lily di Gala des Gateaux Grands, kompetisi memasak bergengsi internasional di Paris, yang akan langsung diuji oleh Chef Jean-Piere Jeanpierre.

Keluarga Bliss butuh bantuan untuk yang satu ini. Tanpa Booke mereka tak bisa mengalahkan Lily dengan kelicikannya. Akhirnya keluarga Bliss berangkat ke Meksiko untuk meminta bantuan Kakek Buyut Ibu nya, Balthazar Bliss.

Balthazar Bliss memiliki sebuah toko roti suram tapi bahagia didalamnya bernama “La Panaderia Bliss. Ia ditemani seekor kucing gendut yang bisa berbicara bernama Asparagus Hijau, atau biasa dipanggil Gus. Gus bisa berbicara karena kecelakaan sejarah, waktu itu dia tidak sengaja memakan Kue Cheddar Mengoceh buatan Balthazar ketika Balthazar berusia 15 tahun.

Singkat cerita, Balthazar memiliki salinan Booke, tapi sayangnya berbahasa Sassanian, bahasa yang sangat langka. Sassaniaan adalah suku dukun kuno, pembuat roti ajaib pertama. Dan celakanya lagi baru beberapa resep saja yang Balthazar terjemahkan.

Karena sudah tidak ada waktu lagi akhirnya Balthazar ikut ke Paris juga untuk membantu Keluarga Bliss melawan Lily. Nah mulai dari sini kita akan disuguhi petualangan seru dan tokoh-tokoh unik yang membersamai Rose selama perlombaan ini berlangsung.

Kita akan bertemu dengan Jacquies, tikus prancis yang gemar bermain flute, yang selama cerita ini berlangsung akan membantu Rose dan saudara-saudaranya untuk merebut kembali Booke. Jangan lupa juga dengan Ourson, Hantu korban Revolusi Prancis yang sensitif dan mengingat semua hari sebagai hari ulang tahunnya.

Kita akan menemukan sebuah pelajaran bahwa tak melulu keindahan itu dibalut dengan sesuatu yang wah, kita juga bisa menemukannya dalam sebuah kesederhanaan yang anggun, seperti yang ditunjukkan Rosemary Bliss.

Buku yang seringan kapas. Saya hanya menikmatinya mengalir.

“Apapun yang terjadi hari ini, dengan sangat menyesal kukatakan bahwa Lily akan berakhir menghancurkan dirinya sendiri. Ambisi semacam itu telah merusak peradaban. Kau tetaplah menjadi orang baik.” (Kakek Balthazar, page 257)

Advertisements

Author:

Fulltime Bookworm | Wife | Mom of Two | Lifetime Learner

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s