Posted in Fantasi, Fiksi, Novel, Novel Terjemahan

The Maze Runner (James Dashner)

the-maze-runner-53fbe598f0fd9Ketika membeli buku ini saya ga terlalu berharap nantinya dapat kesan wah sehabis membacanya. Perkara sempet kebaca beberapa (ga semua) review film-nya yang kurang memuaskan. Tapi alhamdulillah buku ini ternyata ga mengecewakan menurut saya.

Mungkin karena dari awal ga masang ekspektasi apa-apa kali ya, kalo masang ekpektasi tinggi kemudian kenyataannya ternyata beda kan buahnya jadi kecewa.

Buku ini tegang banget sih ngga, masih ada jeda buat pembaca untuk ga melulu ngos-ngosan mengikuti setiap ketegangan adegan yang terekam dalam paragrafnya.

Masih tentang dunia distopia, dimana suatu masa akan terjadi kekacauan -dibuku ini- penyebabnya adalah kondisi alam.

Suatu hari Thomas menemukan dirinya tersadar di sebuah lift, dalam keadaan hilang ingatan, satu-satunya yang dia ingat adalah Nama nya. Ternyata lift tersebut adalah jalan menuju ke sebuah lapangan luas yang terkurung di dalam sebuah Maze, lapangan itu disebut Glade, disitulah nantinya tempat Thomas bertahan hidup. Tidak ada jalan kembali. Dan itulah yang dialami puluhan anak-anak yang sejatinya terperangkap di Glade.

Sedangkan Maze, adalah sebuah labirin yang berubah-ubah setiap harinya, dimana setiap anak di Glade berharap ada jalan keluar di suatu tempat di Maze, yang suatu saat bisa mengantar mereka keluar dari Glade. Untuk mencari jalan keluar di Maze ditugaskanlah beberapa Glader yang disebut sebagai runner (pelari). Mereka lah orang-orang yang setiap hari bertugas memetakan Maze, menelusuri setiap misterinya, dan berusaha untuk memecahkan kode-kodenya, hingga mereka bisa keluar dari Glade. Tapi setelah 2 tahun berlalu, tanda-tanda itu belum juga ada.

Nah buku ini berisi mengenai perjuangan anak-anak tersebut selama bertahan di Glade. Sampe setengah buku saya masih kabur kenapa mereka terkurung dalam Glade, dan untuk apa Maze itu dibuat.

Ketika sudah mulai tampak akhir cerita barulah sedikit demi sedikit mulai terkuak apa yang sebenarnya terjadi. Tapi wajar kali ya, ceritanya juga tentang sekumpulan anak yang tercerabut hampir semua ingatannya. Walau berjalan lama tapi twist-twist yang disajikan Dashner memang ga ketebak. Saya yakin akan menemukan kejutan beda lagi di buku kedua nya.

If you ain’t scared, you ain’t human.- Teresa

Advertisements

Author:

Fulltime Bookworm | Wife | Mom of Two | Lifetime Learner

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s