Posted in Fantasi, Fiksi, Novel, Novel Terjemahan

The Scorch Trials (James Dashner)

the-sorch-trials-5422257ef22b5Lebih menguras keringat ketimbang buku pertama, dan lebih emosional. Tipe buku dengan ritme yang mengalun lama untuk mengantar kita sampai ke maksud tujuan.

Seperti buku pertama, setelah bab-bab terakhir baru mulai keliatan apa, siapa, dan kenapa. Sementara dari awal hingga akhir kita harus menikmati dulu adegan kejar-kejaran dan kolaborasi masalah antara Thomas, Teresa dan kawan-kawan seperjuangannya selama Fase Percobaan Kedua ini.

Jadi “Glade dan Maze” dibuku pertama sebenarnya adalah Fase Percobaan Pertama yang harus dilalui Thomas dan kawan-kawannya dalam rangka suatu penelitian yang dilakukan oleh WICKED, suatu organisasi pemerintah yang bertugas untuk menemukan obat penyakit Flare yang sedang merajalela di dunia. Penyakit ini menyerang otak manusia hingga perlahan-lahan mengubah mereka menjadi zombie.

Setelah Thomas dan kawan-kawan nya lolos pada Fase Percobaan Pertama, kini mereka akan diuji lagi pada Fase Percobaan Kedua, The Scorch Trials. Scorch adalah sebuah kota mati yang ditinggali oleh para Crank (pengidap Flare) dari berbagai level. Flare ini ada beberapa level. Intinya ga bikin langsung jadi Zombie, tapi bertahap hingga menuju level terakhir, yaitu level Gone, which means you’re not a human anymore.

Yang mereka tidak sangka, ternyata ada 2 grup yang diuji coba selama Fase Percobaan Pertama, Grup A (Thomas dan kawan-kawan) dan Grup B (Grup yang berisi perempuan semuanya). Grup B dipimpin oleh Harriet. Jadi ada 2 Maze dan 2 Glade yang terpisah tapi memiliki alur kehidupan yang sama.

Teresa  yang sempat menghilang ternyata telah bergabung di Grup B ini. Dan kejutan lagi, selama Fase Percobaan Kedua ini Grup B ditugaskan untuk membunuh Thomas.

Perjuangan Thomas dan kawan-kawan tak hanya menguras fisik mereka, tapi juga psikis. Kesetiaan seorang teman, kekasih, sahabat semuanya dipadu-padankan Dashner dengan apik.

Selain itu akan muncul tokoh-tokoh baru di buku ini. Namun peran-peran asli mereka yang sebenarnya masih tersembunyi. Juga tokoh-tokoh lama yang menghilang di buku pertama akan muncul secara mengejutkan.

Yang special dari buku kedua ini adalah kejutan-kejutannya. Twist-twist yang disajikan Dashner unpredictable. Sejujurnya sih lumayan capek baca buku keduanya, jadi kadang pake jurus “skipping” :p Tapi lumayan lah bikin saya mikir. Bacanya aja butuh usaha keras, apalagi bikinnya. Thank you Dashner.

Friendships will be tested. Loyalties will be broken. All bets are off.

Advertisements

Author:

Fulltime Bookworm | Wife | Mom of Two | Lifetime Learner

One thought on “The Scorch Trials (James Dashner)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s