Posted in Fantasi, Fiksi, Misteri, Novel

The Gates (John Connolly)

re_buku_picture_85349Covernya horor, pun tagline judulnya, tapi setelah baca ternyata ini buku konyol tentang setan. Dalam semua agama di bumi setan dan iblis digambarkan sebagai suatu entitas kejam, biadab, dan penuh tipu muslihat. Tapi entah bagaimana Connolly sanggup menggambarkan setan secara konyol dan kelihatan bodoh. Ya ampun, saya kira ini buku tentang penghinaan jati diri setan. Setan terhina sekali pasti ketika membaca buku ini.

Tapi cara tutur kisah Connolly adalah hal favorit yang saya temui di buku ini, terlepas cerita yang dia sampaikan di buku konyol ini. Kocak dan konyol! TUH, baru 2 paragraf udah berapa kali coba saya nyebut kata konyol.

Jadi kita mulai dengan tokoh utama kita yang bernama Samuel Johnson, seorang anak pintar dan unik (dengan caranya sendiri, kalo ga mau dibilang aneh) yang harus menerima kenyataan hidup bahwa ayahnya akan membeli rumah dengan istri barunya dan meninggalkan Samuel bersama Ibunya yang sensitif tetapi sangat menyayanginya. Samuel tinggal di sebuah kota membosankan bernama Biddlecombe.

Suatu hari Samuel memutuskan untuk memulai malam Trick or Treat Halloween lebih awal (-_-“)a

Dimulai dengan mengetuk rumah pasangan yang juga membosankan bernama Mr. & Mrs. Abernathy di rumah nomor 666. Samuel disambut masam oleh Mr. Abernathy, karena tentu saja saat itu juga sudah malam, dan malam itu juga bukan malam Halloween.

Setelah Mr. Abernathy masuk kembali ke rumahnya (tentunya setelah terlibat percakapan absurd dengan Samuel), Samuel yang masih nongkrong diluar bersama Anjing dachshund nya yang setia, Boswell, mendengar sesuatu yang aneh dari basement rumah Mr. Abernathy. Penasaran, Samuel menuju kemana arah suara itu berasal.

Ternyata Mr. & Mrs. Abernathy serta kedua orang temannya, Mr. & Mrs. Renfield sedang melakukan ritual pemanggilan setan. Aslinya bahkan mereka berempat tidak tau ritual apa yang sedang mereka kerjakan. Mereka pikir setelah main-main dengan buku itu mereka bisa kembali ngeteh sambil main Scramble dan memaki semua kebijakan walikota.

“Mereka hanya orang-orang bosan yang punya terlalu banyak waktu luang dan orang semacam itu akan, pada akhirnya, terlibat kejailan.” (halaman 23)

Jadi Mrs. Abernathy yang menyebalkan itu tak sengaja menemukan sebuah buku kuno yang menurutnya menarik di sebuah toko antik dan kemudian membawanya pulang. Jadi buku itulah yang sekarang sedang ia kerjain bersama suami dan kedua temannya.

Sayangnya bahkan mereka sendiri pun tidak tau efek luar biasa dari kelakuan mereka, bagi diri mereka sendiri dan dunia. Singkat cerita ternyata secara tak sengaja Mrs. Abernathy dkk membuka Gerbang Neraka.

Sebuah lubang dengan sinar kebiruan terbuka, mereka terhisap semua ke dalam sana, dan kemudian digantikan dengan setan-setan pembantu Sang Maha Dengki (Setan dari segala setan ceritanya) dengan wujud mereka berempat sebagai penyamaran. Tujuan setan-setan ini satu, membuka Gerbang Neraka agar Sang Maha Dengki bisa lewat dan menguasai dunia manusia.

Samuel menyaksikan hal itu semua! Tapi sayangnya Samuel harus menerima kenyataan pahit bahwa TAK SEORANG pun percaya pada ceritanya, termasuk Ibu dan baby sitter nya yang galak dan tukang pacaran.

Samuel harus mencari cara agar dunia selamat dari ancaman teror setan-setan aneh yang kemudian satu per satu keluar dari lubang tersebut untuk mengkondisikan bumi sebelum Sang Maha Dengki datang.

Kita akan bertemu Setan-jelly-merah-dibawah-kolong-tempat-tidur yang melumat kaos kaki bau Samuel dan memuntahkannya kembali dan kemudian bernegosiasi dengan Samuel agar tidak mengadukannya kepada majikannya. Kita akan bertemu Nurd, setan penakut dan sensitif yang ingin menguasai dunia. Dan setan-setan lainnya yang berasal dari imajinasi Connolly.

Tapi jangan ngarep ketemu perasaan takut ketika membaca buku ini, karena Connolly benar-benar menceritakan setan-setan ini dengan cara yang konyol dan absurd. Jadi kalo ketemu malam dengan hujan petir tanpa angin, buku ini dan secangkir teh hangat , cocok. While, Let’s be absurd.

Advertisements

Author:

Fulltime Bookworm | Wife | Mom of Two | Lifetime Learner

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s