Posted in Bisnis, Wanita / Women, Wirausaha / Enterpreneurship

Sukses Membangun Toko Online (Carolina Ratri)

“…, berbisnis sebenarnya bukan melulu tentang berjualan produk, karena kita juga harus menjual sebuah nilai. Kita harus memahami kebutuhan pelanggan dan menawarkan solusi kepada mereka. Yup, kita menjual nilai; nilai dari pelayanan, nilai dari sebuah produk, nilai dari kepuasan, dan sebagainya.” (halaman 159)

IMG_20141126_094756Buku-harus-punya buat yang sedang atau yang baru mulai membangun toko online 🙂 Informatif dan aplikatif. Baca sekali untuk bekal, yang kedua kali baca untuk ngobrak-ngabrik blog sama ceklis-ceklis yang kurang :p Iya! Karena selain kita diajak kembali berkenalan dengan Bisnis Online, dibuku ini juga kita emak-emak diajarin membuat situs.

Situs? Susah donk? Take it easy mamah, mba-mba. Tidak susah seperti yang kita bayangkan. Di buku ini kita dipandu untuk membuat web toko online dengan fasilitas akun gratis yang disediakan oleh blogspot, dari awaaal banget sampai bikin fitur-fiturnya. Inget yaa, GRATISSS, itu kata favorit kita kan ya :p

Pun ga ketinggalan optimalisasi akun-akun yang akan kita pergunakan untuk berjualan online, seperti Blog, Facebook, Twitter, dan Instagram.

Banyaak beneerrr?

Namanya jualan ONLINE 😀

Maka akun-akun media sosial ini lah yang harus kita optimalkan penggunaannya dan di-manage dengan baik.

Buku ini menjelaskan dengan sistematis, ga loncat kesana kemari. Pertama kali kita akan belajar mengenai sistem penjualan, jasa pengiriman, jalur pemesanan, dan branding. Banyak sebenernya, ga bisa disebutin satu per satu, diketik semua juga ga mungkin :p Namun salah satu yang langsung saya aplikasikan adalah bagian “Berbagi Manfaat” dengan para follower kita, di semua akun sosial. Seringnya akun tersebut kita hanya jadikan sebagai wadah jualan saja, yang di-share cuma barang dagangan doang, tanpa interaksi, tanpa nilai yang lain, padahal akun-akun tersebut bisa menjadi alat yang berguna untuk mentransfer ilmu dan manfaat. Contohnya kita bisa berbagi tips tentang kecantikan dan kebersihan, atau manfaat suatu makanan atau minuman. Ga perlu ngarang sendiri, kan ada google. Tinggal co-paste, jangan lupa tulis sumbernya ya.

Nah sekarang bagian yang paling penting tinggal satu lagi, dan ini utama, NIAT. Kalo kata mba Carolina, komitmen dan sikap pantang menyerah perlu dimiliki oleh setiap pebisnis, termasuk pebisnis online. Cara membangun bisnis bisa dipelajari, namun sikap positif hanya dikembangkan oleh pribadi masing-masing. Jadi mau seberapa tinggi pun tumpukan buku yang kita baca kalo tanpa NIAT dan KOMITMEN yang kuat maka pada tataran aplikasi akan berjalan seperti biasa adanya, atau bahkan berujung pada kemunduran. So be tough ya moms, mbaks, dunia kita keras *apa cobaaa.. 😀

Sinopsis:
Menjalankan bisnis di era digital seperti ini, rasanya sayang sekali jika tidak ikut memanfaatkan kecanggihan internet. Bagi Anda yang sudah sukses membangun bisnis secara konvensional, kehadiran internet pasti akan membuat produk Anda lebih dikenal. Dan, buat Anda yang baru mau mulai mambangun toko online, pengetahuan tentang seluk-beluk bisnis berbasis internet mutlak diperlukan.

Dalam buku ini, Anda akan dipandu membangun sebuah toko online secara bertahap:
– Mengenal pernak-pernik toko online (sistem penjualan, jasa pengiriman, dll.
– Persiapan apa saja yang harus dilakukan (modal, perlengkapan, dll).
– Membuat dan mempercantik tampilan blog toko online.
– Meningkatkan kunjungan ke toko online.
– Memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi.
– Menjaring pelanggan melalui pelayanan yang prima.
– Contoh-contoh toko online yang dikelola perempuan.

Buku ini akan menjadi teman yang tepat bagi Anda ketika akan memulai bisnis toko online. Ditulis oleh perempuan yang sangat menggilai media sosial, visual and marketing communication, blog, dan juga pelaku bisnis online. Jadi, pastikan ada buku ini di samping laptop Anda.

Penulis : Carolina Ratri
ISBN : 978-602-7572-26-39-4
Tanggal Terbit : 15 Jul 2014
Jumlah Halaman : 211
Berat Buku : 250
Dimensi : 13 X 19
Harga : Rp 44.000,-
Tulisan ini diikutsertakan #SuksesMembangunTokoOnline Book Review Contest yang diadakan oleh RedCarra dan Stiletto Book, disponsori oleh DapurHangus dan Stiletto Book.
SMTO-Book-Review1
Advertisements

Author:

Fulltime Bookworm | Wife | Mom of Two | Lifetime Learner

One thought on “Sukses Membangun Toko Online (Carolina Ratri)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s