Posted in Fiksi, Novel, Sejarah / History

Da Conspiracao (De Winst #3)

16035458Buku ini adalah buku ketiga dari De Winst. Yang paling lezat dari hidangan buku ini adalah twist-twist nya bikin saya ga sempet bikin prakiraan. Urusan twist, Bu Afifah masih juaranya ketimbang Dan Brown. Ketika membaca buku ini maka kita harus bersiap-siap kembali ke masa lalu, dimana kemerdekaan harus dibayar nyawa, dimana perjuangan memaksa cinta tak berjumpa.

Da Conspiracao didominasi oleh cerita perjuangan Rangga Puruhita selama di pengasingannya (Ende), dan Tan Sun Nio, Saudagar kaya raya dari suku tionghoa yang berhasil membangun kerajaan bisnis di Ende, Flores. Ia meninggalkan Solo karena patah hati ditinggalkan calon suaminya, dan harus memakan sumpah yang terucap dari mulutnya untuk pergi ke Ende jika ia tak jadi dilamar oleh kekasihnya. Di Ende, Tan Sun Nio yang cerdas dan jelita tanpa sadar “menjebak diri” dalam konspirasi yang ternyata malah membahayakan nyawanya. Pasca Kematian Kokoh nya, Tan Sun Nio semakin terjebak dalam kubangan hitam bisnis berbahaya yang sebelumnya tidak ia sangka akibatnya.

Di lain pihak, nasib Rangga tak kalah pahit, setelah diasingkan ke Ende, jauh dari Istri yang baru dinikahinya (Everdine), dan hatinya yang tersiksa karena masih terikat dengan cintanya yang tak kesampaian (Sekar Prembajoen). Rangga harus menghadapi kondisi Ende yang saat itu masih bergejolak penuh amarah. Bumi Flores yang masih diisi oleh kerajaan-kerajaan kecil, dendam para penduduk yang mengkristal hingga menyulut Pemberontakan dengan satu tujuan, yang pada akhirnya bercabang, mendua. Belum lagi, hatinya kemudian membagi (lagi -_-) kepada sosok Tan Sun Nio, musuh, yang kemudian justru akan menjadi penyelamatnya di akhir cerita. Rangga kembali dalam kebingungan. Semakin jauh langkah kisahnya, semakin Rangga tak menyangka peran-peran yang dimainkan oleh orang-orang sekitarnya.

Walaupun akhir ceritanya bikin saya bertanya-tanya, ini buku ada lanjutan ya? šŸ˜€ Soalnya bikin saya jadi kepikiran “setelah itu apa”, tapi tetap saja menurut saya buku ini penuh kejutan.

Advertisements

Author:

Fulltime Bookworm | Wife | Mom of Two | Lifetime Learner

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s