Posted in Detektif, Fiksi, Misteri, Novel

The Cuckoo’s Calling (Dekut Burung Kukuk)

the-cuckoos-calling-coverThe Cuckoo’s Calling adalah buku Robert Galbraith (pseudonym) pertama yang saya baca. Robert Galbraith is J.K. Rowling. Tadinya saya kira buku ini ada kaitannya dengan burung kukuk, eh ya ternyata ga ada sama sekali 😀

Berlatar Kota London, buku ini berkisah tentang misteri kematian supermodel terkenal, Lula Landry, yang mati bunuh diri dengan meloncat dari apartemen mewahnya. Kakak tirinya, John Bristow, tidak percaya Lula bunuh diri. John kemudian meminta bantuan seorang Detektif, Cormoran Strike, untuk membantu mengungkap misteri yang menyelubungi kematian adiknya.

Cormoran Strike adalah Detektif partikelir banyak utang dan sedang bermasalah dengan tunangannya yang bertemperamen naik turun. Strike tadinya tidak mau menangani kasus ini, apalagi melihat kondisi John yang seperti setengah gila dan tidak stabil, tapi ketika John menawarkan pembayaran dobel, mau tak mau Strike berpikir ulang (dan kemudian menerimanya), mengingat daftar utang yang harus dia bayar. Kasus ini jelas akan memperbaiki keuangan kantornya.

Dengan bantuan sekretaris temporer barunya, Robin Ellacott, penelusuran Strike dimulai dari lokasi kematian Lula, sebuah lingkungan mewah yang berisi artis-artis pecandu yang akrab dengan minuman keras dan seks bebas. Semakin dekat benang kusut kasus ini menuju ujungnya, semakin buruk pula kenyataan demi kenyataan yang ditemui oleh Strike. Btw pas baru baca awalnya saya kira si Robin ini maho, eh ternyata Robin ntu nama perempuan ^^”

Saya bersyukur belum baca Harry Potter 😀 Jadi saya ga perlu terngiang-ngiang dan membanding-bandingkan Harry Potter dengan buku ini.

Yang paling saya senangi dari buku ini adalah Rowling berhasil mengajak pembaca untuk membuka lembar demi lembar dengan tidak sabar untuk tau apa yang sebenarnya terjadi dengan Lula, mati bunuh diri, atau?

Dan yang bikin pusing adalah kata-kata umpatan yang lumayan banyak menghiasi buku ini, memang wajar sih, mengingat latar belakang buku ini adalah lingkungan mewah yang diisi dengan pemabuk dan pemadat.

Sedang yang tidak berhasil menurut saya adalah bagian ending nya. You know why? Karena dari awal sampai akhir penyelidikan, hampir semua seluruh saksi-saksi saling memaki dan menjelek-jelekkan satu sama lain. Jadi begitu tau siapa pelaku aslinya, saya jadinya malah ga begitu kaget -__-“

Agak menyebalkan memang, karena alur yang alot di buku ini saya harapkan bikin saya kaget di ending nya. IMHO.

Tadinya juga saya pikir ini buku ada kaitannya gitu sama burung kukuk hehe (kemakan judul). Dan ga ada hubungannya sama sekali ternyata. Cuckoo aslinya adalah panggilan khusus Guy Some kepada Lula. Guy Some seorang perancang terkenal dan teman baik Lula. Di dalam ceritanya, di hari terakhir hidupnya Lula sempat menelepon Tony Landry (Pamannya) dan Evan Duffield (Pacar Lula yang pemadat dan temperamen) berkali-kali. Mungkin karena itu kali yak buku ini dikasih nama sama Rowling The Cuckoo’s Calling.

But overall, i give 4 stars for this book 🙂 because i always appreciates people who can wrote books which smell like this. It’s brilliant 🙂

Advertisements

Author:

Fulltime Bookworm | Wife | Mom of Two | Lifetime Learner

One thought on “The Cuckoo’s Calling (Dekut Burung Kukuk)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s