Posted in Fiksi, Novel

Mockingjay

mockingjayMockingjay adalah buku ketiga dari seri The Hunger Games, alias buku terakhir dari seri ini. Di buku ini terjawab sudah rasa penasaran saya mengenai keberadaan distrik 13.

Banyak tokoh baru yang bermunculan, juga tokoh-tokoh pada seri pertama dan kedua yang tidak disangka-sangka peran nya pada buku terakhir ini.

Singkat cerita, Katniss selamat dari Quarter Quell yang ternyata sudah di setting oleh Capitol untuk membunuhnya dan Peeta. Tapi akhir yang kacau dari Quarter Quell memisahkan Katniss dan Peeta.

Di distrik 13 (yang tak disangka masi eksis) Katniss menjadi icon perjuangan untuk seluruh distrik, sebaliknya Peeta (yang dikira sudah mati), kemudian dimunculkan oleh Capitol di siaran TV yang ditonton oleh seluruh distrik di Panem. Capitol sukses mencitrakan Peeta sebagai pengkhianat.

Setelah perjuangan yang berat menyelamatkan Peeta dari Capitol, Peeta berhasil diselamatkan, tapi mengalami distruksi pikiran. And it makes Katniss going crazy. Peeta lupa siapa Katniss sebenarnya.

Ditambah lagi dengan keberadaan Gale, semakin menjadikan Katniss seperti berada di pertigaan jalan, bingung milih yang mana. Walau akhirnya Katniss pun akhirnya harus memilih. Life is about choice.

Perjuangan semakin berat ditambah lagi beban pikiran dan perasaan yang harus ditanggung Katniss seorang diri. Pun ketika semua teman-temannya berkorban dan mati demi dirinya dankemerdekaan seluruh distrik.

Buku ini jelas lebih bagus dari seri kedua dan ketiganya. Tapi tetap saja ada beberapa hal yang mengganjalan pikiran saya. Salah satunya keberadaan Distrik 13 “yang masa’ iya sih ga ketauan sama Capitol?” 😀

Trus juga Katniss yang diceritakan mengalami gangguan mental tapi masih bisa berjuang dan mengatur plus mikir strategi menyerang Capitol. Saya agak bingung aja. Ini gimana ceritanya. Sejujurnya saya malah lebih suka sosok Katniss versi Film ketimbang yang versi  bukunya.

At last. not a bad book for you weekend. Sukses bilin penasaran melahap 3 bukunya.

Advertisements

Author:

Fulltime Bookworm | Wife | Mom of Two | Lifetime Learner

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s